Thursday, June 26, 2014

"PERNYATAAN PENUTUP" DEBAT CAPRES MENGGAMBARKAN SIAPA CAPRES & TIM SUKSES

Blogspot. Kampanye Pilpres tinggal± 2 pekan lagi, sepertinya kedua pasang Capres/Cawapres akan sangat sulit untuk bisa mengunjungi seluruh pelosok masyarakat negeri ini. Walau kedua Kubu Capres sudah banyak yang mengkampanyekan Capres-nya lewat dunia maya, TIPI masih merupakan sarana yang sangat penting saat ini. Dalam hal ini Kubu nomor urut satu lebih banyak diuntungkan, karena selain didukung total TV-ONE, juga didukung oleh MNC GROUP. Sedang Kubu Capres Jokowi didukung penuh oleh METRO-TV.

Apakah ketidak seimbangan sarana tesebut menguntungkan pasangan Capres nomor satu, harusnya memang begitu, tapi berdasarkan survei yang tidak memihak, Jokowi masih lebih unggul. Kalau survei tersebut terbukti, itu menggambarkan Jokowi dikehendaki oleh lebih banyak rakyat untuk jadi Presiden.

Kampanye Pilpres tidak hanya menjual Visi-Misi, tapi yang terpenting adalah menjual figur. Itulah sebabnya REKAM JEJAK adalah penting, secanggih apapun menjual, tapi kalau yang dijual barang jelek, pastinya lebih susah laku bukan? Tapi karena kampanye bukan menjual barang, maka “Tim Sukses” sebagai tim yang mengkampanyekan Capres/Cawapres-nya tentulah amat sangat penting. Dan sejauh ini berdasar pengamatan saya, tim sukses Kubu Jokowi masih lebih unggul. Contoh penilaiannya adalah:

Penggalangan dana dari masyarakat kecil yang sangat fenomenal itu, didalamnya sekaligus memuat arti bahwa Kubu Jokowi tidak membeli suara rakyat. Dan sebetulnya tidak penting gagasannya, karena bisa jadi itu memang bukan ide original, bisa saja ada yang mengatakan menjiplak apa yang dilakukan di Amerika sana. Tapi menjadi sangat penting ketika ternyata rakyat kecil yang biasanya di konotasikan menjual suara, kini rela menyumbang! Bolehkah itu dinilai karena figur Jokowi? Pengamatan lebih lanjut yang akan mengupasnya, karena “kebetulan” pihak Kubu Prabowo juga ikut menggalang dana dari masyarakat. Jadi ayo kita nantikan laporan resminya untuk dapat menilai.

Debat Capres/Cawapres sudah tiga kali, saya tidak bermaksud menilai isi debat-nya karena sudah sangat banyak yang mengupas dan ternyata tidak ada yang unggul karena itu semua sangat tergantung dari sudut mana dan siapa yang menilai. Tapi saya sangat ingin memperhatikan “PERNYATAAN PENUTUP” dari debat-debat tersebut, dan itupun tentunya juga sangat tergantung dari sudut pandang siapa bukan? Cobalah Anda perhatikan, kata-kata yang diucapkan Jokowi walau sederhana, tapi punya konotasi yang luar biasa. Tidak panjang, sederhana, enak didengar, patriotik, menggigit, lugas dan pas! Itulah dasar lain penilaian saya tim sukses Kubu Jokowi lebih hebat. Karena “menjual” figur Jokowi dengan menggambarkan secara nyata dan menyeluruh.

Dan untuk Pak Jokowi saya ingin menyumbang kata-kata sakti yang layak disampaikan kepada rakyat:

“JIKA RAKYAT MEMBERIKAN MANDAT, SAYA AKAN MEMIMPIN PEMERINTAHAN DENGAN BERSIH, ADIL DAN TEGAS UNTUK MENCAPAI KEMAKMURAN DAN KETENTRAMAN SELURUH RAKYAT”

Salam 2 Jari.

Percayalah tidak perlu dua putaran untuk memenangkan pemilihan Presiden. (SPMC SW Juni 2014)
.
—————————

No comments:

Post a Comment