Friday, July 5, 2013

SIAPA 'EXTRA' CEPAT ~ CEPAT KAYA ! ( #3/3 )



( Image source : rosemarycottageclinic.wordpress.com )


BBM sudah dinaikkan, banyak sekali yang berlomba menaikkan harga-harga barang, karena memang begitulah "hukum"nya, transportasi merupakan unsur harga suatu barang, sedangkan transportasi banyak sekali tergantung dari harga BBM, jadi kenaikan harga-harga adalah keniscayaan. Tapi banyak sekali yang mencuri start, menaikkan dahulu sebelum kenaikan BBM itu sendiri terjadi, siapa cepat dia akan mengumpulkan kekayaan "extra" terlebih dahulu. Dan kenyataan tsb sudah sangat sering terjadi di negeri ini bukan ?

Kalau saja seandainya harga BBM dijual sesuai dengan harga pasar ±Rp.9.500,- per liter, lalu berikutnya harga dilepas sesuai dengan harga pasar, mungkin terjadinya kenaikan harga akan menjadi hal yang biasa, dan tidak menjadi gonjang-ganjing lagi. Jadi bisa saja BBM besok harga naik lima puluh rupiah, lusa naik lagi seratus rupiah, lalu hari berikutnya turun dua ratus rupiah, dst.
Kalau itu terjadi . . . saya pikir negeri ini malah tidak akan banyak bergejolak seperti sekarang-sekarang ini.
Konon kabarnya Amerika mengetrapkan cara begitu ya ?

( Ttg BBM, baca tulisan saya "MIMPI NYATA KE SURGA" lalu "MENAPAK PERSADA NUSANTARA" dalam blog ini juga )

Prediksi saya, beberapa bulan ke depan akan terjadi demo-demo buruh menuntut kenaikan gaji lagi, bahkan mungkin juga demo pegawai yang digaji oleh pemerintah, lalu sebelum terealisasi kenaikannya ( terutama gaji pegawai pemerintah ), lagi-lagi banyak harga barang yang akan curi start naik duluan . . . .   hehehehe . . . begitulah iramanya, irama yang menggemaskan sekaligus membuat capek !

Jadi . . . intinya adalah siapa cepat merekalah yang punya EXTRA mengumpulkan kekayaan terlebih dahulu, dan biasanya . . . yang punya kemapuan EXTRA tsb adalah mereka-mereka yang sudah kaya raya, jadi bener pameo . . . "Yang kaya akan semakin kaya" !  Sungguh susah meratakan kesejahteraan untuk semua warga bangsa . . .

Kalau inget ttg kenaikan harga-harga, doeloe . . . saya pernah lihat di tv berita ttg wawancara, sayang sekali saya tdk inget lagi detailnya, tapi intinya adalah kenaikan harga tsb katanya, "karena sudah lama tidak naik" !! Bener-bener pernyataan yang menggemaskan.

Banyak kebijakan yang membuat saya tidak habis pikir kenapa hal tsb diambil, contohnya adalah "kewajiban manaikkan harga karcis tol" ( setiap dua tahun ya ?? )
Kenapa ? Inflasi ?  Kenapa tdk mengendalikan inflasinya ? Tapi kok malah "pemerintah BERKEWAJIBAN menaikkan harganya"

Lalu setelah tol naik, karcis penumpang naik, parkir naik, makanan naik, listrik naik, air naik, gaji naik, . .  semuanya naik . . . . . Demo buruh lagi, cepet-cepet'an curi start untuk mengumpulkan kekayaan EXTRA lagi . . . .   Hehehehe

Buntut-buntutnya cuman membuat nilai rupiah semakin tidak ada harganya saja !!.

Yach . . . . berapa kali lagi ya saya masih sempet lihat siklus semacam itu, atau REDENOMINASI dulu ??  ( Bukan sanering ya ? hehehe )

Mohon pencerahannya para ahli ekonomi . . .  tapi neranginnya yang umum aja ya, jangan terlalu teknis . . . tar saya engga mudeng !  TQ

Wassallam,

blogspot, Juli 2013
By SPMC SW

------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment