Monday, July 15, 2013

MAAFKAN SAYA PAK BeYe


       ( Image Source : info.ngawitani.org )


Saya sama sekali tidak mengerti protokoler Istana Kepresidenan, termasuk juga penyiapan pidato lisan maupun tertulis oleh Presiden. Samar-samar saya tahu Bp. Yusril IM pernah menjadi pembuat naskah pidato Presiden Soeharto. Hanya itu yang saya tahu, kalau itupun salah, ya mohon maaf.
Ketika melihat dan mendengar dari tv tv berita, ketika Sabtu kemarin Pak Beye mengadakan rapat terbuka di Halim Perdanakusuma . . . . ketika Pak BeYe banyak kecewa dengan keadaan yang ada, saya bisa memahami kerisauannya.
Tapi dari semua yang dikatakan beliau, saya ada sedikit merasa kurang dapat memahami, saat Pak BeYe menceritakan ybs mendapat laporan yang sangat terlambat dibandingkan media luar ( international ) yang beliau lihat sendiri, sementara beliau belum mendapat laporan DARI SYSTEM yang ada.   Kurang lebih begitu yang dapat saya ingat.
DARI SYSTEM yang ada, kata-kata inilah yang sedikit mengusik saya.
Saya jadi berpikir . . . bahkan seorang presiden-pun tidak dapat berbuat lebih banyak terhadap SYSTEM yang ada disekitarnya.
Jujur tadinya saya berpikir bahwa system yang beliau maksud adalah orang-orang kepercayaannya yang ada dibawah kendali beliau sebagai presiden.  Karena kalau orang-orang yang membentuk sebagai system ada dibawah komando beliau, berarti seharusnya system yang dimaksud tsb adalah bagian dari system besar secara keseluruhan yang melekat pada beliau sebagai presiden.
Atau kalau boleh saya gambarkan seluruh system kepresidenan itu adalah sebuah rumah presiden, maka SYSTEM yang memberikan laporan sangat lambat itu mungkin boleh saya ibaratkan dapur-nya, dimana tentu saja dalam dapur yang membentuk suatu sub system tentu terdiri dari personal-personal, dan tentu saja itu semua dibawah kendali pemilik rumah. Jadi Kepala Keluarganya dalam hal ini adalah Presiden.
Gambaran saya sebelumnya adalah begitu, tapi kalau melihat marahnya beliau didepan umum ( tersiarkan/ terberitakan ), besar kemungkinan gambaran saya sebagai orang yang sangat awam - adalah SALAH.
Itulah sebabnya, judul artikel ini juga memohon maaf, terutamanya kepada Pak BeYe. Karena kalau logika saya benar, tentu saja sedikit kurang elok, sebagai ‘Kepala Keluarga’ rumah Presiden ( SYSTEM BESAR/KESELURUHAN ) menyalahkan SYSTEM KECIL yang sekali lagi menurut gambaran pemahaman saya adalah bagian dari SYSTEM KESELURUHAN itu sendiri. Maaf kalau saya takut banyak orang yang berpendapat seperti menyalahkan diri sendiri sebagai Kepala Keluarga rumah Presiden. Apakah tidak sebaiknya kepala dari System Kecil tsb dipanggil secara personal dan diberi tahu kesalahannya ?
Maaf Pak BeYe, seharusnya saya juga tidak menulis disini, tapi saya engga tahu harus mengirim kemana supaya Pak BeYe bisa membacanya ?.
Wassallam.
blogspot, Juli 2013
By.  SPMC SW.
————————————-

No comments:

Post a Comment