Sunday, May 19, 2013

BAHAYA GOSIP & MAKAN ( Penyebab Kematian )

       ( Image source : Dok.Fenny T )



Maaf kalau judulnya 'serem', tapi emang itu rada sering terjadi, yach . . . seperti kecelakaan pesawat terbang - kita sering kali mendengarnya, tapi kalau yang sebener-benernya, probabilitanya ya masih sedikit toh ??
Apa lagi soal judul tsb diatas, mungkin kita malah sangat jarang sekali denger, terlebih kalau bukan bidang kita sebagai dokter.

Doeloe, waktu kita masih kecil masih sering degar wejangan "waktu makan tidak boleh bicara !", dan sekarang . . . paling-paling omelan tersebut kita jumpainya di film-film yang menceritakan ttg keadaan masa lalu juga. Tanpa ada penjabarannya, kenapa dilarang banyak bicara ?? Ya kan ?
Maaf kalau diantara kalian ada yang sudah memahami bahaya tersebut, bahaya nge-gosip diwaktu makan yang bahkan bisa menyebabkan kematian.

Bagi yang belum terlalu tahu, gini lho ceritanya, sewaktu kita makan, makanan itu masuknya ke-pencernaan, nah 'sewaktu' kita menelan makanan, kalau kita sambil ngegosip, apa lagi kalau gosipnya seru, sangat lucu, memilukan, dan lain-lain. Proses penelanan makanan itu bisa salah masuk ke saluran pernafasan, dan kalau ini terjadi, nyawa kita taruhannya.
Terlebih lagi jika diantara kita semua yang sedang makan tidak ada yang menyadari, apa sebenernya yang terjadi ?  Atau bahkan seandainya si korban sempet memberi tahu, tapi kita semua tidak tahu bagaimana cara menolongnya . . .  bukankah itu hampir sama saja ?
Paling-paling kita membawanya secepat mungkin ke RS terdekat, dan itu sudah tidak tertolong lagi kawan. Biasanya kita hanya punya kesempatan ± sepuluh menit !!. ( Tapi sesungguhnya tergantung dari parah tidaknya kasus )

Peristiwa tersebut diatas kita kenal dengan istilah TERSEDAK, dan sesungguhnya hal tersebut bisa terjadi pada siapa saja, dan pada umur berapa saja.
Konon kabarnya, yang paling rentan tersedak ternyata adalah bayi s/d anak 1 tahun dan para manula diatas go-cap !!
Secara pribadi . . . saya sering kali mengalaminya, bahkan hal tersebut terjadi tanpa ngegosip lho. Entah apa sebabnya seolah-olah seperti susah menelan, atau salah arah menelannya . . . yach pokoknya semacam begitulah . .  . semacam terjadi sesuatu yang sangat tidak mengenakkan. Masih beruntung tidak sampai tersedak beneran yang sampai serius. Tapi hal tersebut mulai terjadinya baru beberapa tahun belakangan ini, tidak pada lima tahun yang lampau.

Kalau menelisik kejadian semacam itu, saya jadi teringat Mama saya, waktu itu sedang ke rumah famili, sedang makan malam, terus konon ceritanya, meninggal dunia waktu makannya belum selesai.
Waktu itu dokter bilangnya sakit jantung. Apakah sesungguhnya begitu, wallahhuallam ??
Umurnya ketika itu 51 tahun, dan tidak ada riwayat sakit jantung, dan juga tidak pernah mengeluh sakit dada atau sakit yang sekiranya menjurus ke sakit jantung.

Beberapa waktu yang lalu, saya kong-kouw dengan teman via telepon, entah bagaimana ceritanya, kami bisa cerita tentang hal tersedak ini, dan ternyata yang bersangkutan juga punya cerita kematian Papa-nya yang mirip dengan cerita kematian Mama saya. Dan tentu saja vonis dokter adalah 'sakit jantung'. Yang ternyata belakangan ybs jadi tidak terlalu yakin tentang apa yang terjadi sebener-benernya.  Saya rasa umur Papanya waktu itu diatas 60 tahun.

Dan yang terpenting dari ceritanya, berdasarkan masukkan dari dokter ahli ttg masalah tersedak tsb, ternyata tersedak itu dikarenakan oleh otot-otot yang berfungsi untuk masalah telan-menelan pada manula sudah kurang sempurna cara bekerjanya.
Dan untuk mempertahankan atau melatih otot-otot tersebut, ternyata obatnya adalah MENYANYI !!.

Jadi. . . . ternyata yang punya hobi karaoke itu adalah baik ya.

Terlebih dari urusan tersedak, sesungguhnya hal yang tidak boleh dilewatkan adalah OLAH RAGA, olah raga sesungguhnya sama pentingnya dengan makan atau minum yang kita lakukan setiap harinya.  Cuman bedanya, kalau kita tidak makan atau tidak minum, akibatnya bisa langsung terlihat. Sedangkan kalau kita tidak olah raga, akibatnya tidak bisa langsung terlihat dalam beberapa hari.

Tapi olah raga itu sungguh amat penting, dan juga harus disesuaikan dengan umur, kalau dari muda Anda sudah membiasakan/menggemari olah raga, terutama yang berhubungan dengan kelenturan tubuh, besar kemungkinan Anda tidak terlalu merepotkan orang lain untuk harus merawat Anda.  Kecuali Anda terkena penyakit seperti misalnya stroke dan sejenisnya, karena penyakit ini biasanya terjadi karena pola makan/minum Anda yang kurang sesuai dengan kaidah kesehatan yang dianjurkan.

Ingatlah, untuk apa punya umur panjang kalau harus selalu dirawat orang lain, dan kekayaan Anda mungkin tidak dapat Anda nikmati kalau badan Anda tidak mungkin untuk menikmatinya karena suatu penyakit.

Jadi mulai sekarang, biasakan olah raga ya, dan juga menyanyi.

Yuk KARAOKE hehehehe . . . .

blogspot, Mei 2013.
By SW.

-----------------------------------------
Note :

Jangan lupa cari di Google, gimana cara menolong TERSEDAK.
TQ, semoga sedikit bermanfaat.

TERSEDAK juga berhubungan erat dengan penyebab penyakit paru-paru.

No comments:

Post a Comment