Friday, June 21, 2013

BERSIH-BERSIH ALA REFORMASI

( Image source : elesen4446.blogspot.com )



Saya terkadang suka ngelamun, lalu  ada rasa gusar dalam lamunan tersebut.  Lamunan kali ini saya coba mengetiknya, semoga Anda mau merenungkannya, yang siapa tahu tergerak hati untuk menyuarakannya juga.

Kalau seandainya kita punya pemimpin yang BERANI - BERSIH - ADIL - TEGAS, wah Indonesia pasti bisa jadi luar biasa.
Untuk mendapatkan dukungan bagi pemimpin tsb, dan juga untuk memproklamirkan kehebatannya, misalnya gini, bukankah banyak sekali mahasiswa yang sedang menulis skripsi, tesis atau apalah itu namanya untuk mengambil gelar S1, S2, maupun S3, nah dari mahasiswa-mahasiswa tsb bisa dibuat rangking-nya.  Lalu . . . misalnya untuk mereka yang akan mengambil gelar dibidang hukum, kasih aja kesempatan bagi mereka untuk mengikuti pembicaraan-pembicaraan atau lobi-lobi mulai dari awal yang diadakan oleh pemimpin, jadi mereka bisa juga dianggap sebagai pembuat notulen atau apalah . . . . yang harus mengikuti setiap pembicaraan yang diadakan tentang suatu masalah, walaupun mungkin mereka tidak punya hak bicara, setidaknya mereka punya kesempatan untuk banyak belajar, kemudian hasil skripsi / tesis mereka juga diminta untuk dokumentasi. ( Maksudnya lebih bagus kalau bukan hanya satu orang mahasiswa dalam satu kasus )

Bukankah mereka-mereka nantinya adalah calon-calon pemimpin Bangsa ?
Dan kalau memang pemimpin-nya bersih, pemimpin yang memang mengabdi untuk rakyat, kebobrokan apa yang harus takut untuk dirahasiakan ?   Bukankah itu berarti pemimpin yang memberi contoh tentang keterbukaan dan "bersih" ?!
Tentu saja ada semacam peraturan terhadap mahasiswa tsb, entah itu berupa perjanjian dan sumpah tentang kerahasiaannya, sampai kapan boleh dipublikasikan,  terus juga untuk hal-hal yang sangat rahasia misalnya, mungkin syaratnya adalah bagi mereka yang akan mengambil gelar S3, dan lain-lain yang disesuaikan demi kebaikan semuanya.

Tinggal disesuaikan saja, pemerintah akan mengambil kebijakan dibidang apa, lalu mahasiswa bidang apa yang boleh ikut melakukan penelitiannya.

Coba kalau kita bayangkan, kalau hal tersebut terjadi mulai dari tingkat presiden, wapres, menteri, gubernur,  dst-nya bahkan mungkin sampai ke bupati, wali kota, terus ditambah dengan ABRI,  kepolisian dan "komisi di DPR" . . . . pastinya Indonesia akan segera menjadi negara yang bersih, dan hal-hal positif lainnya.

Pelaksanaannya mungkin tidak bisa serentak ya, setidaknya kalau presidennya berani mencoba untuk memulai dalam satu case tentang apa saja, saya pikir itu adalah suatu permulaan yang luar biasa.

Semoga tulisan ini dapat menyampaikan kepada Anda tentang yang ingin saya sampaikan ?  Mohon maaf kalau rada amburadul, tapi intinya adalah  menciptakan sejarah tentang : " kebersihan - keterbukaan - dukungan - regenerasi " terhadap suatu pemerintahan yang sangat luar biasa. Penulisan sejarah yang akurat, tidak seperti SUPERSEMAR yang masih misteri hingga kini.

Mohon maaf kalau ngaco . . . .
( Namanya juga ngelamun . . . . hehehe )


Wassallam,

blogspot, Juni 2013.
By SPMC SW



==================================
NOTES-nya :
Melibatkan pihak akademisi dalam proses  pengambilan kebijakan dan keputusan.
Akhirnya mendapatkan bonus kebenaran sejarah yang pasti tentang pemerintahan INDONESIA era Reformasi yang bersih.
-------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment