Sunday, February 28, 2016

SPOTLIGHT, "Investigasi Pastor Pelaku Pedofilia"



SPOTLIGHT,
"Investigasi Pastor Pelaku Pedofilia"
.

.

Opini Prihatin: (SPMC) Suhindro Wibisono
.
Filem Spotlight yang dibintangi Mark Ruffalo, Michael Keaton, Rachel McAdams, Liev Schreiber, Stanley Tucci dengan sutradara Thomas McCarthy masuk nominasi calon penerima penghargaan Academy Awards ke-88 pada The OSCARS yang akan digelar 28 Februari 2016 nanti, juga masuk prediksi nominasi filem "Sutradara Terbaik", Josh Singer sebagai penulis naskahnya juga mendapat nominasi Oscar (Naskah Asli Terbaik). Spotlight, filem yang menceritakan keberanian investigasi jurnalis dalam mengungkap kebobrokan dalam Gereja Katolik, mengungkap kejadian pada tahun 2002 editor Boston Globe - Marty Baron memberi tugas kepada Spotlight tim jurnalis investigasi adanya beberapa Pastor di Boston, Amerika yang menjadi pedofilia dibeberapa paroki pada masa tiga puluh tahun kejadian.
.
Peristiwa yang menggemparkan, dan apakah hal semacam itu yang menyebabkan Nasrani terpecah menjadi banyak aliran? Apakah itu yang menyebabkan adanya Pendeta selain Pastor? Pendeta boleh menikah, dan Pastor tetap diharuskan selibat, perdebatan yang akan menarik dan panjang, akan dicatat dalam sejarah, akumulasi, intensitas pengulangan kejadian semacam itu bukan tidak mungkin akan dapat mengubah tatanan atau tata cara gereja Katolik pada khususnya.
.
Demi kebaikan apapun bisa terjadi dan menurut saya hal itu adalah sudah selayaknya, bukankah sebagai manusia hal semacam itu sudah seharusnya? Kemajuan keadaan maupun penataan untuk hal-hal yang lebih baik secara bersama sudah selayaknya dilakukan oleh ummat manusia. Pastor adalah juga manusia biasa. Dan sebetulnya, menurut pemberitaan yang sering kita dengar, bukankah pelaku pedofilia juga banyak ada pada manusia dewasa selain Pastor? Mungkin perlu penyelidikan dan lebih selektif untuk rekruitmen calon-calon Pastor. Wawancara atau test untuk menemukan apakah ada jejak-jejak pada calon Imam yang pernah menjadi korban pedofilia semasa hidupnya adalah sangat penting, dan itu harus di eliminir agar kejadian pedofilia oleh Pastor dimasa mendatang tidak terulang. Bukankah penyelidikan membuktikan pelaku pedofilia "kebanyakan" adalah pernah menjadi korban juga? Jangan lupa pelaku pedofilia juga bisa terpicu karena imajinasi tontonan video serupa. (SPMC SW, Kamis, 25 Februari 2016)
.
.
NOTES:
Spotlight meraih 6 "nominasi" Oscar.
1. Filem Terbaik
2. Sutradara Terbaik
3. Editing Terbaik
4. Naskah Asli Terbaik
5. Aktor Pendukung Terbaik
6. Aktris Pendukung Terbaik
.
.
Sumber gambar:
oscar.go .com
.

No comments:

Post a Comment